Jantung Kanan Bengkak Disebabkan Karena Hipertensi Dan Cara Mengatasinya

Mengenali Penyakit Jantung Bengkak Terlebih dahulu, Dan Penyebab Jantung Kanan Bengkak yang Perlu DiKetahui Untuk Mengantisipasi Sejak Dini Sebelum Makin Parah

42Bengkak pada organ jantung merupakan keadaan dimana terjadinya pembengkakan pada jantung yang menyebabkan ukurannya lebih besar dari pada ukuran jantung normal, pada istilah medis keadaan ini dikenal sebagai kondisi kardiomegali jika tidak mendapatkan pengobatan, kardiomegali ini dapat menimbulkan gangguan yang lebih besar terhadapt tubuh terutama pada organ jantung. Pasien dengan keluhan berupa gagal jantung kongestif pada tahap lanjut juga dapat mengidap cardiac cachexia yang berat serta terjadinya massa lemak dan massa otot yang berkurang. Etiologi dari cardiac cachexia adalah keadaan anoreksia atau reaksi metabolisme yang terjadi secara berlebihan yang berhubungan terhadap beberapa faktor salah satunya adalah kardiomegali. Beberapa orang dapat mengalami jantung kanan bengkak keadaan tersebut dapat dimilikinya ketika dilahirkan. Jantung kanan bengkak juga dapat terjadi karena jantung mengalami kelelahan ketika mempertahankan kecukupan aliran 58darah di sistem sirkulasi yang disebabkan oleh gagal jantung kongestif atau dekompensasi jantung sebelum terjadi pembengkakan pada organ jantung terlebih dahulu terjadi edema pada perifer dan pada paru-paru, retensi cairan serta aliran darah ke ginjal yang menurun.

Pembengkakan pada jantung termasuk jantung kanan bengkak disebabkan oleh respon yang ditimbulkan dari kerusakan otot jantung. kerusakan pada otot jantung yang berujung pada pembengkakan jantung ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah otot jantung melonggar yang menyebabkan Aritmogenik Kardiomiopati Ventrikel Kananlebih besarnya volume pada balik jantung atau yang lebih dikenal dengan kardiomegali dilatasi. Kardiomiopati dilatasi atau menipisnya otot jantung  yang disebabkan dinding di kedua sisi jantung menjadi tipis serta meregang keadaan inilah yang menjadi penyebab terjadinya pembengkakan pada jantung atau jantung kanan bengkak.

Faktor lainnya yang menyebabkan pembengkakan pada organ jantung adalah terjadinya penebalan di otot jantung yang lebih dikenal dengan kardiomegali hipertrofi, kondisi ini sering kali disebabkan tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan hipertensi yang menjadi penyebab pembesaran pada ventrikel kiri atau hipertrofi.

Selain disebabkan oleh kardiomiopati beberapa penyakit seperti hipertensi, penyakit kantup jantung, anemia, hepertensi pulmonal, amiloidosis serta gangguan tiroid juga berperan dalam terjadinya pembengkakan jantung.

  • 31Hipertensi, Tekanan darah tinggi menyababkan jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh, bila hal ini terjadi dalam durasi yang cukup lama jantung berpotensi membesar dengan jalan menebalkan otot jantung. Inilah sebabnya mengapa hipertensi dapat membesarkan vebtrikel kiri yang lama kelamaan menyebabkan otot jantung melamah selain itu hipertensi juga dapat membuat atrium atau ruang bagian atas jantung membesar. Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan otot 60jantung yang disebabkan oleh kondisi kardiomegali semakin berat.

  • Penyakit kantup jantung, Kantup pada jantung berfungsi untuk menjaga aliran darah berada pada jalur yang benar, beberapa kondisi seperti kelainan jantung, gangguan pada jaringan ikat, demam maupun rematik dapat berpotensi membuat kantup mengalami kerusakan yang dapat menyebabkan membesarnya organ jantung.

  • 29Anemia, Kekurangan sel darah merah sehat menyababkan jaringan tidak cukup mendapatkan oksigen yang diangkut oleh darah ini. Jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama tanpa pengobatan untuk menggulangi anemia tersebut maka kondisi ini dapat menyebabkan jantung berkerja lebih keras dalam memompa darah dalam jumlah yang lebih banyak dan menjadi penyebab jantung berdenyut secara tidak teratur dan berdebar dengan cepat.

  • 61Hipertensi pulmonal, Hipertensi pulmonal terjadi kerena adanya tekanan darah tinggi di area arteri yang menjadi penghubung antara jantung dengan paru-paru, keadaan ini membuat ukuran jantung membesar karena jantung harus bekerja kesar memompa untuk memindahkan darah yang berada di antara organ jantung dan organ paru-paru tersebut.

  • Amiloidosis, Protein abnormal dalam darah dan di jantung yang menjadi penyebab amiloidosis ini dapat menggagu kinerja jantung dan berpotensi meningkatkan ukuran jantung.23

  • Gangguan tiroid, Gangguan pada tiroid berupa hipotiroidisme maupun hipertiroidisme dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya pembengkakan pada jantung termasuk jantung bengkak sebelah kanan.

250 (1)Pada saat ini ekstrak buah mengkudu banyak dimanfaatkan untuk mengobati beberapa gangguan yang terjadi didalam tubuh termasuk pembengkakan organ jantung dan jantung kanan bengkak. Kandungan scopoletin dalam buah mengkudu dapat membuat pembuluh darah yang menyempit menjadi melebar, karena pembengkakan pada organ jantung juga disebabkan karena jantung bekerja lebih keras dalam mengalirkan darah keseluruh tubuh. Begitu banyak manfaat yang bisa diambil dari buah yang dikenal dengan mengkudu ini terutama dalam kesehatan jantung. Saat ini ektrak buah mengkudu yang berfungsi untuk mengatasi jantung kanan bengkak ini dapat Anda dapatkan dari produk TNM Anda dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui situs http://vitaminjantung.com/.

 

4

Apa Itu TNM dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Untuk Info Lengkap Mengenai TNM Silahkan Tekan Tombol "Klik Disini" Di Bawah Ini 

3

Hey, Apakah Anda atau Kerabat Anda Mempunyai Masalah Gangguan Jantung?

Kami Bisa Mengirimkan Banyak Tips Membuat Jantung Lebih Sehat Seperti Diatas ke Email Anda

Jangan Lewatkan Kesempatan Ini

Dapatkan Semua Tips Tentang Jantung Sekarang, Gratis!

Isi Form Dibawah Ini !

(Rekomendasi Dokter)

enter website ramuan kolesterol

Mohon Diisi Dengan Pak/Bu

Mohon Isi Nama Depan Anda

Mohon Isi Email Anda

Semoga Semua Orang Yang Mempunyai Masalah Gangguan Jantung Di Indonesia Bisa Baik Dengan Tips Membuat Jantung Lebih Sehat Ini.

Bagikan Juga ke Teman-Teman Ya!